Strategi Lobi dan Proses Negosiasi dalam Pembuatan Akun Instagram Kopi Human Feeling di Trawas, Jawa Timur

Main Article Content

Putri Inka Mahesi
Muhammad Rizqi
Averil Sasha Audrey
Helenita Margareth Br Tarigan

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam menggerakkan roda perekonomian dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Namun, UMKM juga menghadapi berbagai hambatan, terutama dalam pemasaran digital di era digitalisasi saat ini. Salah satu contoh UMKM yang belum memanfaatkan pemasaran digital adalah Human Feeling, produsen minuman di Trawas, Jawa Timur. Untuk membantu meningkatkan pemasaran, proses melakukan proses negosiasi dengan Human Feeling. untuk melakukan pembuatan  akun Instagram mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti melakukan proses negosiasi secara online dengan perwakilan Human Feeling penulis berhasil menawarkan bantuan dalam aspek pemasaran di media sosial Instagram, yang akhirnya disetujui oleh pihak Human Feeling. Proses negosiasi ini dilakukan dengan menerapkan teori persuasi yang mencakup aspek Ethos, Logos, dan Pathos untuk meyakinkan pihak Human Feeling. Setelah mendapatkan kesepakatan, kami melakukan perencanaan media dan kreatif untuk memperbarui tampilan visual dan branding akun Instagram Human Feeling. Hal ini meliputi perancangan logo, warna, dan konten feeds Instagram yang menarik. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness dan menarik minat konsumen terhadap produk Human Feeling. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lobi dan negosiasi yang efektif, terutama dalam era digital, penting untuk meningkatkan pemasaran UMKM. Penggunaan media sosial sebagai katalog produk dapat menjadi strategi yang efektif, namun pengelolaan yang terorganisir diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam pemasaran.

Article Details

How to Cite
Mahesi, P. I., Rizqi, M., Sasha Audrey, A., & Margareth Br Tarigan, H. (2024). Strategi Lobi dan Proses Negosiasi dalam Pembuatan Akun Instagram Kopi Human Feeling di Trawas, Jawa Timur. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 603–609. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1700
Section
Articles
Author Biographies

Putri Inka Mahesi, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur, Kota Surabaya, Indonesia

Muhammad Rizqi, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur, Kota Surabaya, Indonesia

Averil Sasha Audrey, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur, Kota Surabaya, Indonesia

Helenita Margareth Br Tarigan, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur, Kota Surabaya, Indonesia

References

Artaya, I. P. (2013). Negosiasi‒Kekuatan Karakter Individu Dalam Salesmanship.

Buresh, Donald. L. (2022). Practical Suggestions for Win-Win, Win-Lose, Lose-Win, and Lose-Lose Strategies in Mediation or Arbitration. Journal of Human Psychology, 2(4), 24-34.

Baguley, Phil., (2000), Teach Yourself Negotiating, McGraw-Hill, New York

Cohen, Herb., (2011), You Can Negotiate Anything, Citadel Press, New York.

Evelina, L. (2004). Pentingnya Keterampilan Berkomunikasi Dalam Lobi Dan Negosiasi. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(2).

Fisher, R., Ury, W., & Patton, B. (2011). Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In. Penguin.

Harijanti, S. (2020). Modul pembelajaran SMA bahasa Indonesia Kelas X: teks negosiasi.

Inayaturrahmah, R., Barkah, C. S., & Novel, N. J. A. (2022). ANALYSIS THE ROLE OF NEGOTIATION AS COMMUNICATION SKILLS IN CONFLICT MANAGEMENT. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan

Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 8(2), 191-200.

Koley, G., & Rao, S. (2018, October). Adaptive human-agent multi-issue bilateral negotiation using the Thomas-Kilmann conflict mode instrument. In 2018 IEEE/ACM 22nd International Symposium on Distributed Simulation and Real Time Applications (DS-RT) (pp. 1-5). IEEE.

Kotler, Phillip, (2006), Principles of Marketing, Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Lewicki, R. J., Barry, B., & Saunders, D. M. (2015). Essentials of Negotiation. McGraw-Hill Education.

Nursolihah, M. (2020). Analisis karakteristik khusus teks negosiasi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 10(1), 24-41.