Hubungan Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Main Article Content
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus berlangsung, seringkali mengejutkan dan memberikan sumbangan besar pada zaman modern. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara filsafat ilmu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui analisis literatur. Bahan bacaan yang digunakan berasal dari artikel jurnal Indonesia yang diterbitkan antara tahun 2019 dan 2023. Studi ini menunjukkan bahwa filsafat ilmu memiliki peran vital dalam memastikan bahwa kemajuan ilmiah berdampak positif pada kehidupan manusia dan pendidikan. Hal ini berarti bahwa melalui pemahaman konsep-konsep filsafat ilmu, manusia dapat mengarahkan perkembangan ilmiah agar memberikan manfaat yang bermanfaat bagi masyarakat dan proses pendidikan. Selain itu, penelitian menegaskan bahwa dampak teknologi, baik positif maupun negatif, sangat bergantung pada cara manusia menggunakan dan memanfaatkannya. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik tentang filsafat ilmu dapat membantu individu dalam mengambil keputusan yang lebih bertanggung jawab dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan. Hal ini penting karena teknologi pendidikan yang digunakan dengan bijak dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat secara keseluruhan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Atmaja, Md. 2020. Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan
Azizah, W. N dan Dewi, D. A. 2022. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempengaruhi gaya anak muda dan etika pancasila pada masyarakat indonesia. Jurnal Kewarganegaraan. 6(1): 1426-1431.
Farin, S. E. 2022 Peranan Filsafat Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan Ilmu Sosial. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa. Hal 309–318
Handraini, et. al. 2023. Peran Filsafat Ilmu Terhadap Dampak Perkembangan IPTEK. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 6 Tahun 2023 Page 3250-3257 E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246 Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Ibda, H. 2019. Filsafat Umum. Pati: CV. Kataba Group.
Isnaini, A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Ditinjau Secara Filsafat Pendidikan. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(2), 102–107. https://doi.org/10.53717/idealmat hedu.v8i2.300
Istikhomah, R. I., & Wachid, A. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4
Lestari, et. al. (2022). Keterkaitan Filsafat Ilmu Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Marcelina, et. al. 2022. Pandangan Filsafat Terhadap Iptek Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 08 Nomor 02, Desember 2022
Marzuki, I., Johra; Arwansyah, Asrudin, Zaenal, Harimuswarah, M. R., Syahrir; M., Ramli, M., & Hadi, A. 2021. Filsafat Ilmu di Era Milenial.
Muktapa, M. I. 2021. Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan InovasiPendidikan), 3(2), 20–29.
Mulyani, F dan Haliza, N. 2021. Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3(1): 101-109.
Nurhayati, Syukri A. & Badarussyamsi. 2021. Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Tasamuh: Jurnal Studi Islam. Hal 13(2), 345–358. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.409
Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1), 119-125. Diakses dari: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/42514
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi dan Rizki, A. F. 2021. Kontribusi filsafat ilmu dalam penelitian ilmiah dan kehidupan sosial. Jurnal Filsafat Indonesia. 4(3): 229-241.
Swaradesy, R. G. (2020). Konsep Kebersihan Masyarakat Kampung Naga dalam Perspektif Eco-Philosophy. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 4(1), 27-39. Diakses dari: https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/100
Zebua, et. al. 2023. Hubungan Filsafat Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5. JTS Vol 2 No. 2 Juni 2023 | P-ISSN: 2828-7002 E-ISSN: 2828-6871, Page 83-89