Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi pada Materi Peran Pelaku Ekonomi Kelas X MAS Darul Ulum Al-Waliyah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi pada materi peran pelaku ekonomi kelas X MAS Darul Ulum Al-waliyah”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu dengan jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Adapun rancangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pretest posttest control groub desain yaitu menggunakan siswa sebagai objek penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelaran Quantum Teaching dan siswa kelas XB sebagai kelas control yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konversional. Dalam penelitian ini terdapat empat uji instrument penelitian yaitu uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, test (pre test dan post test) serta dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data diperoleh bahwa apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi pada materi peran pelaku ekonomi. Dengan demikian Hipotesis alternative (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan (Ho) ditolak. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistic dengan menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 56.25 dan jumlah nilai rata-rata post test 80.00. sedangkan untuk kelas control menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 57.50 dan nilai rata-rata post test 68.75 dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki nilai yang tidak jauh berbeda.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afconneri, Y., & Puspita, W. G. (2020). Faktor-Faktor Kualitas Hidup Pada Pasien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 273–278. 33.
Amin, T. A., Yahya, M., & Caronge, M. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membiakkan Tanaman Secara Vegetatif Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4(2), 73.
Anggraini, S. D. (2014). Penerapan Model Quantum Teachinguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswapada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Angkarini, T., Mardiyati, S., & Tanamal, N. A. (2024). PELATIHAN MEMBUAT ANIMASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT BAGI PARA GURU SEKOLAH DASAR DI DESA SADAHAYU, MAJENANG, JAWA TENGAH. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1508
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 173.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 26
Aris Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: Ar-Ruz Media. 138
Asnawati, N. A., & Yahfizham. (2024). Pengaruh Penggunaan Software GeoGebra pada Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar: Systematic Literature Review. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 340–349. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1564
Deporter, Bobbi Dan Hernacki, Mike. (2013). Model Pembelajaran Quantum TeachingQuantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning. 4.
Gunawan dalam Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172.
Hamalik Oemar. (2015). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 22.
Hamdayama (2013) . Salsabila, K. N. (2022). Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Menulis Teks Proposal Pada Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 27 Bandung Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164-172.
Indrawan Rully Dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian.Bandung: Pt. Refika Aditama
Iskandar dalam Tanjung, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas VA SD Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017-2018. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 45-48.
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2).
Kosasih, Nandang. (2013). Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta. 95
Leasa, M., & Ernawati, Y. (2013). Penerapan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon. Prosiding FMIPA Universitas Pattimura, 168-176.
Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 20.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65-71.
Rofi’ah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking stick Berbantuan Media Gambar terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Garum.
Sriwulandari, N., Dewi, R. K., Banja Uru, M., & Masyitah, D. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “SPINNING WHEEL DAN FLASH CARDS” UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK USIA DINI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1573
Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69-78.
Sudaryana, dkk, (2022), Metodologi penelitian kuantitatif, (Yogyakarta: Cv Budi Utama)
Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2022). Pemanfaatan Google Form untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 58–62. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.76
Sugiono, (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).
Susanto, H. (2023). Kualitas Pelayanan Puskesmas Asembagus Dan Kepuasan Pasien Di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Acton, 19(1), 17-29.
Ningrum, R. S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 06 Metro Barat.