Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Pedagang di Pasar Buah Desa Tinading Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli

Main Article Content

Ismail
Samsudin B. Messa
Joko Prathomo

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui  dan  menganalis strategi pemasaran  dalam  meningkatan omzet   pedagang  di  Pasar  Buah  Desa  Tinading. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Sumber data berupa data primer, yaitu data yang di peroleh melalui wawancara serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian  ini.  Teknik analis is data  yang digunakan adalah Analisis SWOT terdapat Kekuatan (Strength), Peluang (Opportunities), Kelemahan (Weaknesses) dan Ancaman (Threats).Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan dapat dis impulkan bahwa Strategi Pemasaran sangat berperan penting dalam meningkatkan Omzet pedagang di pasar buah desa Tinading disebabkan oleh lokasi yang cukup strtegis yang mudah di jangkau oleh pembeli  atau  konsumen  selain  itu  Buah-buahan  yang  dijual  sangat  berkualitas  dan pelayanan  yang cukup baik sehingga  memberikan  kenyaman  saat berbelaja  bagi para konsumen atau para penjual.

Article Details

How to Cite
Ismail, Samsudin B. Messa, & Joko Prathomo. (2024). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Pedagang di Pasar Buah Desa Tinading Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 207–213. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1450
Section
Articles
Author Biographies

Ismail, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin

Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin, Tolitoli, Indonesia

Samsudin B. Messa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin

Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin, Tolitoli, Indonesia

Joko Prathomo, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin

Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin, Tolitoli, Indonesia

References

Alisman, Zainal Putra, Murhaban, Hartini, Mawardi, & Dedi Sufriadi. (2024). WORKSHOP MANAJEMEN USAHA BUMG BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL Dl GAMPONG UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 233–240. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1191

Amstrong, K. (2012). Dasar Dasar Pemasaran (A. bahasa A. S. B. Molan (Ed.); 1ST ed.). Prenhalindo.

Bahsin, A. M., & Abdul Rohim Tualeka. (2024). Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Industri Manufaktur. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 26~33. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2213

Boediono. (2010). Sri Sinopsis Pengatar Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro ( kedua) BPFE.

Damsar. (2002). Sosial Ekonomi, Jakarta: Jakarta PT RajaGrapindo Persada

Dr. Jim Yam, SE, M. (2020) Manajemen Strategi (P. Salam (ed,); 2nd ed).

Hilda, (2015). “Strategi Pemasaran Ubi Jalar Dalam Meningkatkan PendapatanPetani”,(Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Ciribon)

Juniarty, M., Nuraulia, Khairunnisa, & Dillah, U. (2024). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Lasehan La Bagus. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 01~05. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2107

Jogiyanto, (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Yogyakarta Penerbit Andi.

Khairiah, S., & Muhammad Muliyadi. (2024). Analisis Tingkat Keuntungan Pedagang Ikan di PPI Ujong Baroh Kabupaten Aceh Barat. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1249

Kurtz, (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta:Jakarta Buku 1,Selemba Empat

Marceline Livia Hedynata (2015), Strategi Promosi Dalam MeningkatkanPenjualan Luscious Chocolate Potato Snack, Jurnal Manajemen Dan –Up Bisnis,Volume 1,Nomer 1

Marzuki, & Dedi Sufriadi. (2024). Semangat Kerja dalam Menunjang Produktivitas Karyawan (Kajian Literatur). MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(1), 06–13. https://doi.org/10.32672/mister.v1i1.1007

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Jakarta Remaja Rosdakarya, hlm 163.

Rambat Lupiyoadi (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Jakarta: Jakarta Selemba Empat, Edisi 3

Rangkuti,F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rizki Amalia (2018). Strategi Pemasaran Warung Coto Makassar Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus Di Kelurahan Batupasi

Siti Zubaidah Sipahutar, (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Pada Es Penyet Rahayu Jln.Danau Temoe km 18 Binjai Timur” Skripsi

Siti Nur Fatoni, (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi, Bandung: Bandung Pustaka Setia

Sondakah, E. (2016). faktor –faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang beras dalam menghadapi fluktasi harga dikota manado.

Stanton, W. J. (2010). Prinsip Pemasaran, Penyandur Y Lamarto (7th ed.). Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Bandung: Bandung R& D. Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Bandung R & D. Alfabeta

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.Bandung:Bandung, CV Alfabeta

Sukmadinata.(2013). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Bandung PT Remaja Rosdakarya.