Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Pedagang di Pasar Buah Desa Tinading Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis strategi pemasaran dalam meningkatan omzet pedagang di Pasar Buah Desa Tinading. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Sumber data berupa data primer, yaitu data yang di peroleh melalui wawancara serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analis is data yang digunakan adalah Analisis SWOT terdapat Kekuatan (Strength), Peluang (Opportunities), Kelemahan (Weaknesses) dan Ancaman (Threats).Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan dapat dis impulkan bahwa Strategi Pemasaran sangat berperan penting dalam meningkatkan Omzet pedagang di pasar buah desa Tinading disebabkan oleh lokasi yang cukup strtegis yang mudah di jangkau oleh pembeli atau konsumen selain itu Buah-buahan yang dijual sangat berkualitas dan pelayanan yang cukup baik sehingga memberikan kenyaman saat berbelaja bagi para konsumen atau para penjual.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alisman, Zainal Putra, Murhaban, Hartini, Mawardi, & Dedi Sufriadi. (2024). WORKSHOP MANAJEMEN USAHA BUMG BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL Dl GAMPONG UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 233–240. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1191
Amstrong, K. (2012). Dasar Dasar Pemasaran (A. bahasa A. S. B. Molan (Ed.); 1ST ed.). Prenhalindo.
Bahsin, A. M., & Abdul Rohim Tualeka. (2024). Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Industri Manufaktur. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 26~33. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2213
Boediono. (2010). Sri Sinopsis Pengatar Ekonomi No.1 Ekonomi Mikro ( kedua) BPFE.
Damsar. (2002). Sosial Ekonomi, Jakarta: Jakarta PT RajaGrapindo Persada
Dr. Jim Yam, SE, M. (2020) Manajemen Strategi (P. Salam (ed,); 2nd ed).
Hilda, (2015). “Strategi Pemasaran Ubi Jalar Dalam Meningkatkan PendapatanPetani”,(Skripsi, IAIN Syekh Nurjati Ciribon)
Juniarty, M., Nuraulia, Khairunnisa, & Dillah, U. (2024). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM Lasehan La Bagus. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 01~05. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2107
Jogiyanto, (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Yogyakarta Penerbit Andi.
Khairiah, S., & Muhammad Muliyadi. (2024). Analisis Tingkat Keuntungan Pedagang Ikan di PPI Ujong Baroh Kabupaten Aceh Barat. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1249
Kurtz, (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta:Jakarta Buku 1,Selemba Empat
Marceline Livia Hedynata (2015), Strategi Promosi Dalam MeningkatkanPenjualan Luscious Chocolate Potato Snack, Jurnal Manajemen Dan –Up Bisnis,Volume 1,Nomer 1
Marzuki, & Dedi Sufriadi. (2024). Semangat Kerja dalam Menunjang Produktivitas Karyawan (Kajian Literatur). MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(1), 06–13. https://doi.org/10.32672/mister.v1i1.1007
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Jakarta Remaja Rosdakarya, hlm 163.
Rambat Lupiyoadi (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Jakarta: Jakarta Selemba Empat, Edisi 3
Rangkuti,F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.
Rizki Amalia (2018). Strategi Pemasaran Warung Coto Makassar Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus Di Kelurahan Batupasi
Siti Zubaidah Sipahutar, (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Pada Es Penyet Rahayu Jln.Danau Temoe km 18 Binjai Timur” Skripsi
Siti Nur Fatoni, (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi, Bandung: Bandung Pustaka Setia
Sondakah, E. (2016). faktor –faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang beras dalam menghadapi fluktasi harga dikota manado.
Stanton, W. J. (2010). Prinsip Pemasaran, Penyandur Y Lamarto (7th ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Bandung: Bandung R& D. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Bandung R & D. Alfabeta
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian.Bandung:Bandung, CV Alfabeta
Sukmadinata.(2013). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Bandung PT Remaja Rosdakarya.