Peran Tutor PAUD dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini

Main Article Content

Aditio Gustomi
Nur Indah Lestari Kusuma
Lulu Yuliani

Abstract

Tutor PAUD memegang peran yang sangat penting dalam membentuk karakter pada anak usia dini, termasuk kemandirian. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya kemandirian tersebut bisa memandu arah keputusan individu untuk bisa mendorong kemandirian sejak usia dini. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan metode deskriptif dan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil observasi pada bulan Februari 2023 di KOBER Nururrohman menunjukkan pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemandirian pada anak usia dini. Tutor tersebut melakukan pembelajaran di dalam dan di luar kelas, dengan interaksi yang harmonis antara tutor-anak, anak-teman sebaya, dan anak-lingkungan sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kemandirian anak usia 4-6 tahun di KOBER Nururrohman Kota Tasikmalaya.

Article Details

How to Cite
Gustomi, A., Kusuma, N. I. L., & Yuliani, L. (2024). Peran Tutor PAUD dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 150–156. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1300
Section
Articles
Author Biographies

Aditio Gustomi, Universitas Siliwangi

Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Indonesia

Nur Indah Lestari Kusuma, Universitas Siliwangi

Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Indonesia

Lulu Yuliani, Universitas Siliwangi

Pendidikan Masyarakat, FKIP, Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Indonesia

References

Anggraeni, A.D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Mmbentuk Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Abidah, S. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo, (Skripsi, IAIN Ponorogo).

Anggraeni, R. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Anak Usia Dini di Kelompok B TK As-Shofa di Kota Jambi, (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Fatimah, Eneng. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Khintan Putri. dkk. (2022). Analisis Bentuk Kemandirian Anak di Desa Gondosari. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Maelong ,dkk. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nawangsasih, D. dkk. (2022). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Program Pengembanga Kemandirian. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(2).

Rizkyani, F. dkk. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru dan Orang Tua. Jurnal Pertumbuhan Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2).

Yamin, M. dkk. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Press.