Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Keuchik Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya

Main Article Content

Murtaza ZD
Sonia Ita Fonolia

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis kepuasan masyarakat terhadap kinerja Keuchik Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan didukung oleh data sekunder. Yang menjadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya sebanyak 1.129 orang. Sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 24 orang berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan data yang diperoleh dari wawancara penulis dengan responden yang menjadi sampel penelitian akan dilakukan reduksi data dan akan dikaitkan dengan teori pendapat para ahli untuk kemudian akan diambil benang merah antara jawaban responden dengan pendapat para ahli dan akhirnya akan dibuatkan kesimpulan terhadap hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian didapati bahwa indikator kepuasan masyarakat terhadap Keuchik Suak Puntong yaitu; (a) indikator Tangibles (bukti nyata) Sselama Keuchik tersebut menjabat beliau selalu memberikan bukti nyata tentang apa yang dilakukan di Gampong Suak Puntong dengan mengacu pada visi misi Keuchik pada saat pemilihan dulu, (b) indikator Realibility (terpercaya tahan uji) kepribadian Keuchik Gampong Suak Puntong dalam memimpin Gampong sangat sesuai dengan pekerjaan beliau karena apa yang dilakukan selalu terpecaya dan tahan uji karena bisa di buktikan dengan keadaan nyata di lapangan, (c) indikator Responsiveness (respon, cepat tanggap) respon/cepat tanggap selalu ditunjukkan ole Keuchik Suak Puntong kepada masyarakat dalam hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, (d) indikator Assurance (kepastian) Keuchik Suak Puntong selalu memberikan kepastian kepada masyarakat mengenai permasalahan yang terjadi di Gampong sehingga masyarakat merasa selalu ada perhatian dari Keuchik, (e) indikator Empathy (empati) Keuchik pada dasarnya harus mempunyai sifat empati di dalam jiwanya karena sifat empati sangat baik di miliki oleh seorang pemimpin yang selalu menghadapi masyarakat yang mempunyai berbagai macam watak dan sifat di dalam pribadinya Kendala yang didapati yaitu adanya masyarakat yang belum terlayani dikarenakan Keuchik masih baru dalam bertugas pada saat penerapan indikator tersebut masih ada nya aparatur yang belum mengerti dan mematuhi semua aturan atau isi dari indikator tersebut, sehingga perlu di perhatikan lagi atau dapat diberi pemahaman dalam bentuk yang lebih komplit dan khusus.

Article Details

How to Cite
ZD, M., & Sonia Ita Fonolia. (2024). Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Keuchik Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 64–71. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1248
Section
Articles
Author Biographies

Murtaza ZD, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh  Kabupaten Aceh Barat

Sonia Ita Fonolia, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh  Kabupaten Aceh Barat

References

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6253944/mengenal-rumus-slovin-kapan-digunakan-dan-contoh-soal. Kamis, 25 Agustus 2022 16:14 WIB

Ahmad Tanzeh., 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta : Teras.

Alam, I. K., & Sarpan, S. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) di PT. Nova Chemie Utama. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 130-140.

Andreas Roberto. S. (2019 ). Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area.

Sembiring (2020) Penilaian Kinerja http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1118/4/BAB%20II.pdf

Batinggi dan Babu Ahmad, Manajemen Pelayanan Publik, Yogyakarta : CV Andi Offset, 2013.

Dedi Rahmadani, Indeks kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Bus Trans Koetaradja Rute Kota Banda Aceh-Lambaro-Blang Bintang, Skripsi, Banda Aceh: Fak Ilmu Sosial Dan Pemerintahan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh , 2020

Fahmi Rezha, Siti Rochmah, Siswidiyanto, 2015, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pubik Terhadap Kepuasan Masyarakat Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Di Kota Depok, Jurnal Administrasi Publik (Jap), Vol. 3, No.12

Heri Agusman, Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Dan Komunikasi Uin Ar-Araniry Banda Aceh, Skripsi, Banda Aceh : Fak Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2019.

Kamila Fakhra Fahima, 10 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Loyal dan Produktif https://www.kitalulus.com/info-hrd/meningkatkan-kinerja-karyawan, Maret 2023

Khairiah, S., & Tamin, M. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor BPKD Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 208-221.

Khairiah, S., & Tamin, M. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor BPKD Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 208-221.

Muclisin Riadi, Penilaian Kinerja (Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Metode)

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Bogor : Ghalia Indonesia, 2005. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat.

Nisa Usalimah. Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Keuchik Di Gampong Lampoh Drien Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam – Banda Aceh 1442 H/2021 M.

Puji Lastri T. Sihombing, Maria Ulfa Batoebara, Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaandi Cv Multi Baja Medan, Jurnal Universitas Dharmawangsa.

Rinata Septiani Putri. (2019). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Desa (Studi Kasus Desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan).Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung.

Seftiyan Eka, Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Pukesmas Serang Kota, Skripsi, Serang : Fak Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayaa Serang, 2016.

Suci Agustina, 2013, Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, Jurnal Bimbingan Ilmu Hukum

Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Supriati, 2014, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Perusahaan Sari Jati Di Srage, Jurnal Paradigma, Vol. 12, No.01

Tuhasanah, U., & Jaenab, J. (2024). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan pada Kantor Camat Raba Kota Bima. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 1-8.