PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MASALAH TENTANG KLASIFIKASI BENDA UNTUK SISWA SMP KELAS TUJUH

Authors

  • Femilia Elsa
  • Ibrahim Ibrahim
  • Almukarramah Almukarramah

DOI:

https://doi.org/10.32672/jps.v2i1.152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar IPA berbasis masalah pada topik klasifikasi benda untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis  dan  efektif  digunakan  dalam  pembelajaran.Penelitian ini  merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan dari Ploomp,  Proses dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan pokok pengembangan yaitu: (1) penyusunan draf awal  materi ajar, (2) konstruk /uji ahli, (3) uji coba  untuk skala terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sampoyniet Aceh Utara  pada  kelas  tujuh  dengan  jumlah  siswa  32  orang..  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar IPAyang dikembangkan dinyatakan valid dilihat dari nilai validitas buku siswa adalah 4,01 dan validitas buku guru adalah 4,21 dari skor maksimum yang ditetapkan 4.77, (2) Bahan ajar IPA dinyatakan praktis dilihat dari keterlaksanaan bahan ajar, respon guru, dan respon siswa terhadap bahan ajar dengan skor rata-rata 3,72 (praktis); 3,90 (praktis); 3,81 (praktis) dari skor maksimum yang ditetapkan 5,00, (3) bahan ajar IPA dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari skor rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 85,05 dan nilai gain nomalisasi sebesar 0,70 yang  dapat  dikategorikan  sangat  baik.Berdasarkan hasil  penelitian  tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berbasis masalah yang dikembangkan telah memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar kelayakan bahan ajar yang meliputi tiga aspek yaitu valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam penelitian lanjutan .

Kata-kata kunci: materi  ajar, berbasis masalah, IPA,SMP.

Downloads

Published

27-01-2023