MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI

Authors

  • Almukarramah Almukarramah
  • Mohd Isha Awang
  • Jalaluddin Jalaluddin
  • Sufriadi Sufriadi

DOI:

https://doi.org/10.32672/jps.v2i1.172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dengan pendekatan active learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IX SMP Negeri 4 Bireun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Bireun. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas IX/2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX/3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 68,2 dan untuk kelas kontrol sebesar 54,05. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai X2hitung sebesar 2,7 untuk kelas eksperimen dan X2hitung 2,2 untukkelaskontrol. Nilai X2tabel sebesar 5,7  pada taraf signifikan 0,05. Dapatan nilai X2hitungkurang dari X2tabel maka data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai Fhitungsebesar1,19 dan nilai Ftabelsebesar 1,85. Nilai kurang dari , maka kedua kelas homogen. Hasil uji-t pooled varians didapatkan nilaithitung sebesar 2,29 dan nilai ttabelsebesar 1,645 dengan taraf signifikan 0,05. Nilai lebih besar dari , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan active learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam  siswa kelas IX Ilmu Pengetahuan Alam sains SMP Negeri 4 Bireun.

 

Kata kunci: Pembelajaran SFAE, Pendekatan Active Learning, Hasil Belajar, SMP

Downloads

Published

27-01-2023