Peer Review Process

  1. Proses review artikel akan dilakukan untuk menjamin kualitas termasuk kesesuaian penulisan artikel dengan template yang ditetapkan dan digunakan pada jurnal JAMS.
  2. Setelah proses submit selesai dilakukan, pihak penulis tidak dapat melakukan penarikan secara sepihak tanpa persetujuan dari tim editor. Section editor akan memberikan catatan dan mengarahkan proses selanjutnya sesuai dengan hasil telaah terhadap kelengkapan keseluruhan artikel.
  3. Artikel yang dianggap telah memenuhi kirteria penulisan akan diambil kebijakan apakah diteruskan ke pihak reviewer untuk dilakukan proses review atau dikembalikan kepada pihak penulis jika dianggap belum memenuhi kirteria standar yang sesuai dengan kebijakan jurnal atau kesesuaian standar penulisan berdasarkan template yang digunakan.
  4. Proses review minimal dilakukan oleh seorang reviewer yang ditetapkan oleh pihak editor/section editor. Penetapan reviewer dilakukan berdasarkan pertimbangan bidang keahlian yang sesuai dengan substansi/tema/konten artikel.
  5. Berdasarkan rekomendasi dari pihak reviewer, akan diproses lebih lanjut sesuai dengan pertimbangan yang deluarkan oleh pihak section editor apakah perlu direvisi, ditolak atau diterima untuk dipublikasikan. Jika rekomendasi dari pihak jurnal perlu direvisi, maka para penulis perlu melakukan revisi sesuai dengan hasil rekomendasi yang disampaikan.
  6. Artikel yang telah melalui proses review dan jika dinyatakan layak untuk dipublikasikan, selanjutnya pihak editor akan memberikan informasi kepada pihak penulis untuk jadwal publikasi artikel.