Profil Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal IPA

Main Article Content

Nisa Iic Dwi Rochmadanty
Septi Budi Sartika

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam menyelesaikan soal IPA di SMP Islam Parlaungan Waru Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subjek penelitian ialah 2 siswa SMP Kelas VIII, yaitu siswa laki-laki dan perempuan yang mempunyai kemampuan kognitif setara. Indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi dari Taksonomi Bloom meliputi C4, C5, dan C6. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa laki-laki dikatakan tercapai pada indikator analisis dan evaluasi, sedangkan indikator mencipta belum tercapai, sedangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa perempuan dikatakan tercapai pada indikator analisis dan mencipta, sedangkan indikator evaluasi belum tercapai. Penelitian ini dilakukan pada subjek dan objek berdasarkan jenis kelamin dengan kemampuan kognitif tinggi (setara), penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal IPA sehingga seluruh indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat tercapai, serta mampu melakukan peninjauan dari lainnya misalnya gaya kognitif, gaya belajar, akreditasi sekolah, dan sebagainya.

Article Details

Section
Articles