PENGARUH STUNTING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

Septy Nurfadhillah
Yayah Huliatunisa
Azizah Al Ashri

Abstract

Stunting merupakan sebuah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, hal ini menyebabkan adanya gangguan di masa yang akan datang yakni mengalami kesulitan dalam mencapai  perkembangan fisik dan kognitif yang optimal. Luaran kegiatan yang diharapkan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada Warga Poris Plawad Utara ini adalah agar adanya pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pengaruh stunting terhadap perkembangan kogitif dan prestasi belajar sehingga warga Poris Plawad Utara dapat mewujudkan sehat dan cerdas “TANPA STUNTING”. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan metode kerjasama yang dilakukan oleh pihak pelaksana yaitu dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang dengan warga Poris Plawad Utara dengan cara memberikan materi secara langsung kepada warga Poris Plawad Utara. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta seminar stunting warga Poris Plawad Utara berperan aktif dalam kegiatan seminar ini, banyak dari peserta yang memiliki tingkat keingintahuan yang begitu tinggi akan ciri-ciri stunting anak, dampak dari stunting terhadap kognitif dan prestasi belajar serta cara pencegahan stunting, sehingga memberikan pengetahuan dan pemahaman cara mencegah stunting.

Article Details

How to Cite
Septy Nurfadhillah, Yayah Huliatunisa, & Azizah Al Ashri. (2023). PENGARUH STUNTING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PRESTASI BELAJAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 32–36. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.585
Section
Articles
Author Biographies

Septy Nurfadhillah, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang, Provinsi Banten

Yayah Huliatunisa, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang, Provinsi Banten

Azizah Al Ashri, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang, Provinsi Banten

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.

Anwar, F., Khamsan, & Mauludyani, A. (2014). Masalah dan Solusi Stunting Akibat Kurang Gizi di Pedesaan. PT Penerbit IPB Press, Bogor.

Kemenkes (2018). Buletin Stunting. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Passe, R., Nurqalbi Sampara, Nahira Nahira, & Nurhidayat Triananinsih. (2023). Edukasi Pada Remaja Putri Tentang Dismenorea Melalui Media Vidio. Indonesia Bergerak : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.167

Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian orangtua dan Minat Belajar Siswa . (Skripsi). Jambi Universitas Jambi.

Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161